Sabtu, 22 Februari 2014

Posted by Unknown
No comments | 2/22/2014 05:14:00 AM
   Radius Server berguna untuk membuat user dan password hotspot secara banyak dengan password yang berbeda beda.. dengan paket mikrotik yang bernama user-manager kita sudah bisa menggunakan Radius server pada mikrotik kita dengan berbagai macam menu yang di sediakan oleh user-manager...
     radius bisa di buat berbagai cara settingan.. antara lain :
1. membuat user secara banyak tanpa ada password yang sama
2. menentukan session time pada user yang telah kita buat sehingga akan otomatis user tidak bisa di gunakan kalau session time nya sudah habis..
3. bisa membuat voucher hotspot melalui radius server..
4. dan masih banyak lagi..
     namun kelemahan user-manager atau Radius ini kalau router mikrotik kita restart maka user yang session time nya sudah habis akan bisa di gunakan lagi.. maka kita harus sering-sering update user jika router kita melakukan restart.. :-)


ok langsung saja ya konfigurasinya sebagai berikut..
dan andaikan router kita sudah berjalan secara normal dan hotspot nya pun juga sudah terinstall dan berjalan secara normal..
install dahulu user-managernya caranya hanya seret file dari leptop ke file mikrotik nya saja setelah itu restart dan finish deh.. cek paket user manager nya jika berhasil terinstall maka di system > package akan muncul paket yang kita install tadi..
nb : jika kita memakai mikrotik pc tidak usah menginstall paket user manager nya lagi karena sudah ada pada mikrotik pc nya tadi.. jika menggunakan router board mikrotik maka harus install paket user managernya seperti tadi..

1. kita enable dahulu radiusnya di ip>hotspot>server profile seperti gambar di bawah dan kita masuk ke menu Radius pada mikrotik kita dan klik tanda + dan kita centang Hotspot dan address nya kita isi 127.0.0.1 dan secret nya kita isi terserah kita... dan klik apply dan ok
nb : untuk pengisian secreet yang mudah di ingat saja..





2. dan selesai lah dan mulai kita coba untuk test di web browser kita jika berhasil akan muncul tampilan radius mikrotik..
     - kita akses ip yang menuju ke internet kita contoh disini saya menggunakan ip 192.168.56.8/24.. tuliskan ip nya di web browser sebagai berikut 192.168.56.8/userman dan jika berhasil maka akan keluar seperti gambar di bawah..



8. dan masuk dengan menggunakan user admin dan password kosongan saja..
9. lalu klik di menu routes > add > new



10. beri nama terserah kita tetapi ip address dan secret nya harus sama seperti settingan di radius kita yang ada di mikrotik tadi.



11. lalu berikan password pada radius server kita agar tidak di bobol orang bro.. caranya klik customer dan klik admin dan tambahkan password nya.. login juga bisa di rubah dan terserah agan aja yang penting heppy.. :)



ok selesai tinggal membuat user nya dan membuat profill nya saja.. jika terjadi kesalahan RADIUS IS NOT RESPONDING coba cek konfigurasi hotspot agan.. dan cek di firewall nya.. jika tidak mudeng bisa melihat konfigurasi hotspot di blog ane gan... thanks.. :-)

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

About

saya akan menyajikan informasi apa saja mengenai internet.. dan mari kita belajar bersama agar semua bisa dan menjadi pintar.. dan saya mohon kritik dan saran agar blog ini tetap update dan berjalan dengan lancar..